Tim LPPM Bekali Mahasiswa Sosiologi Undana Kupang Sebelum Melakukan Sosialisasi ke Masyarakat - Baomong.ID

Tim LPPM  Bekali Mahasiswa Sosiologi Undana Kupang Sebelum Melakukan Sosialisasi ke Masyarakat

Tim LPPM Bekali Mahasiswa Sosiologi Undana Kupang Sebelum Melakukan Sosialisasi ke Masyarakat

Kupang,LikuraiOnline.id--Tim LPPM Undana Kupang, benar - benar komit dan menyiapkan mahasiswa Sosiologi Undana Kupang sebelum bersosialisasi ditengah - tengah masyarakat.

Untuk itu, tim LPPM Undana Kupang melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat pelatihan Penulisan Opini Bagi Mahasiswa Sosiologi Undana Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang.

Selain ilmu pengetahuan, tim LPPM Undana Kupang juga komitmen untuk memberikan keterampilan kepada mahasiswa, termasuk keterampilan menulis opini.

Kegiatan ini merupakan bagian dari Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) tersebut dilaksanakan pada Rabu 15 Mei 2024 oleh Tim Pengabdian LPPM Undana yang diketua oleh Lasarus Jehamat, M.A, dengan anggota Drs. Yosef E Jelahut, M. Si, Susana CL Pelu, S.Sos, M. Si, dan Christine E Meka, M.A.

Lasarus Jehamat dalam rilis yang diterima media ini, Undana Kupang menjadi hebat bukan hanya karena produksi pengetahuan tetapi juga karena penyertaan keterampilan yang diberikan Undana kepada para mahasiswa.

”Ada banyak data yang menunjukkan banyak lulusan fisip dan sosiologi terutama sekarang menjadi wartawan dan pekerja media. 

Bukan tidak mungkin, dengan pelatihan ini, mahasiswa memiliki keterampilan menulis opini di kemudian hari," jelas Jehamat.

Anggota tim LPPM lainnya, Jelahut menyebutkan bahwa Undana Kupang memiliki komitmen yang penuh untuk membekali mahasiswa dengan banyak sekali keterampilan.

Kegiatan pengabdian ini, kata dia, sekaligus memberitahukan kepada publik bahwa Undana Kupang tidak hanya menghasilkan ahli yang menguasai teori tetapi juga praktik.

’Undana ini lembaga besar yang menyiapkan lulusannya tidak hanya ilmu tapi juga keterampilan. Ini momen karena sekarang saatnya penerimaan mahasiswa baru. 

Kalau calon mahasiswa baca, baik kalau mereka kuliah di Undana. Kita harus berterima kasih kepada bapa rektor dan bapa kepala LPPM Undana Kupang atas kesempatan yang berharga ini," kata Jehalut.

Sementara itu, Koordinator Program Studi Sosiologi, Susan CL Pelu yang juga menjadi anggota tim pengabdian berterima kasih kepada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Undana karena melaksanakan sosialisasi penulisan opini bagi mahasiswa Sosiologi.

"Terima kasih kepada Bapa Dr Damianus Adar yang telah mengizinkan tim melakukan pelatihan penulisan opini bagi mahasiswa sosiologi. 

Ini momen penting karena mahasiswa tidak hanya mendapatkan ilmu tetapi juga keterampilan. Anak-anak sungguh secara merdeka belajar menulis opini," pungkas Susan Pellu.

Diketahui, pelatihan penulisan opini memiliki urgensi yang penting bagi mahasiswa Sosiologi di Universitas Nusa Cendana. 

Pentingnya pelatihan penulisan
opini dapat dilihat dari beberapa alasan berikut:

Pertama, meningkatkan kemampuan berkomunikasi, Pelatihan penulisan opini dapat membantu mahasiswa Sosiologi dalam mengembangkan kemampuan berkomunikasi mereka. Dalam bidang sosiologi, kemampuan berkomunikasi yang baik sangat penting untuk menyampaikan ide-ide dan analisis secara efektif kepada khalayak.

Kedua, mengasah kemampuan analisis: Penulisan opini melibatkan kemampuan analisis yang mendalam terhadap isu-isu sosial. Melalui pelatihan penulisan opini, mahasiswa Sosiologi dapat belajar untuk menganalisis isu-isu sosial dengan lebih baik dan menyampaikan pandangan mereka secara kritis.

Ketiga, meningkatkan pemahaman tentang isu-isu sosial: Dalam proses menulis opini, mahasiswa Sosiologi akan terlibat dalam penelitian dan pemahaman yang lebih mendalam tentang isu-isu sosial yang relevan. 

Hal ini akan membantu mereka untuk mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang isu-isu sosial yang sedang dibahas.

Keempat, meningkatkan keterampilan menulis: Pelatihan penulisan opini akan membantu mahasiswa Sosiologi dalam meningkatkan keterampilan menulis mereka.

Kemampuan menulis yang baik sangat penting dalam bidang sosiologi, karenamahasiswa akan sering diminta untuk menulis laporan penelitian, makalah, dan esai
yang berkualitas.

Kelima, meningkatkan kesadaran sosial: Melalui penulisan opini, mahasiswaSosiologi dapat berkontribusi dalam meningkatkan kesadaran sosial tentang isu-isu yang relevan. 

Opini yang ditulis oleh mahasiswa dapat menjadi sumber informasi dan
pemikiran yang berharga bagi masyarakat luas.***